Community Profile

Paguyuban Vario Nusantara atau yang biasa disebut PVN adalah sebuah wadah sebagai media pemersatu klub dan komunitas motor Honda Vario se-Indonesia, didasari oleh rasa persaudaraan yang kuat tanpa membedakan suku, agama dan ras. Selain itu, PVN juga berfungsi sebagai wadah pertukaran informasi yang produktif dan rekreatif terhadap setiap anggotanya.

Dalam sejarahnya, Paguyuban Vario Nusantara (PVN) sendiri didirikan dan diresmikan pada hari Sabtu, 22 Desember 2007 silam, di Gedung Pertemuan Pertamina, Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. "Waktu itu, saat acara HUT HVC (Honda Vario Club), 22 Desember 2007 tepat pukul 20:06 WIB dilakukan rapat besar yang dihadiri oleh seluruh Club Vario se-Indonesia. Keputusannya diperoleh melalui voting dan selanjutnya dideklarasikan lah sebuah nama yang disepakati bersama Paguyuban Vario Nusantara atau PVN" ungkap Ekoey, Presiden PVN ke-5 Periode 2013-2015, Sabtu (18/5/2019). Saat rapat pertama kali tersebut di simprug, dihadiri club vario Se-Indonesia antara lain : VRB Bogor, CHVC Ciamis, VOC Buitenzorg, HVOC Tasikmalaya, CIVIC Cibinong, VRC Sumedang, HVRC bandung, VOC Klaten, Javacomm, HVC Tanggerang-Avatar, Vioners, Vantastic Lampung, HVC Semarang, HVC Bekasi, IVC Bengkulu, HVC Pusat (as host), HVC Samarinda, CIVAS Salatiga, Delegasi/Utusan dari Vario Tegal. Berdasarkan rapat tersebut selain mensepakati tanggal berdirinya Paguyuban Vario Nusantara, juga menetapkan agenda nasional berikutnya yakni SILAHTURAHMI NASIONAL II PVN yang diadakan di Kota Yogyakarta.

Setelah itu, selama perjalanannya menuju SILAHTURAHMI NASIONAL II PVN, diusulkanlah logo Paguyuban Vario Nusantara. Dari beberapa yang di tampilkan, secara mufakat forum menetapkan memilih logo yang dicreate oleh Om Bule a.k.a Om Heru - HVC Jakarta. Di Silahturahmi II PVN, tuan rumah mengambil tema "JOGJAVAGANZA" dengan tuan rumah Javacomm. Di dalam SIlahturahmi II, menentukan Silahturahim III PVN yakni Bali dan HVC Bali (sekarang VIBER) menjadi tuan rumah. Dinamika organisasi mentakdirkan perbedaan idealisme, berdasarkan kesepakatan para founding fathers saat itu event Silahturahmi Nasional dirubah menjadi Jambore Nasional PVN.

Selama kurun waktu 1 dekade lebih, PVN sudah berkali-kali menjalankan proses demokrasi dan memilih 9 (Sembilan) Ketua Umum / Presiden. Proses Pemilihan Ketua PVN dilakukan secara demokrasi didalam forum nasional 2 tahunan baik itu saat JAMNAS (Jambore Nasional) maupun MUNAS (Musyawarah Nasional). Nama-nama Ketua Umum / Presiden PVN mulai dari pertama hingga saat ini adalah sebagai berikut :

  1. ADMI GRACIA - HVRC Bandung (2007 2009) - Terpilih di Simpruc saat HUT HVC Jakarta
  2. ALVIE - VANTASTIC Lampung (2009 - 2010) - Terpilih saat event Silahturahmi Nasional ke III di Ngurah Rai, Kuta, Bali
  3. RAKA a.k.a TILE - CIVAS Salatiga (2010 - 2011) - Terpilih saat event Jambore Nasional PVN 1 di Lampung
  4. ADRIAN RIZKI a.k.a LEDHOK - VOC Malang (2011 - 2013) - Terpilih saat event Jambore Nasional PVN 2 di Lombok
  5. ELLYA SYERLLY a.k.a EKOEY - HVRC Bandung (2013-2015) - Terpilih saat event Jambore Nasional PVN 5 di Surakarta
  6. JOVIAL PRANKY POERWANTO - VOC Malang (2015 - 2016) - Berdasarkan hasil MUNAS I PVN di Surabaya
  7. YUDDY ADITYA a.k.a IDDUY - HVRC Bandung (2016 - 2017) - Melanjutkan masa jabatan dari sdr. Jovial dengan status plt. / Pelaksana Tugas
  8. FAJAR RAMADHAN a.k.a APVA - CVC Ciputat (2017 - 2019) - Berdasarkan hasil MUNAS II PVN di Bali
  9. IWAN SETIAWAN a.k.a JOKOWOW - AVIKA Ambarawa (2019 - 2022) - Berdasarkan hasil MUNASLUB PVN di Mojokerto

Pada tahun 2017, PVN resmi melegalkan organisasi melalui akta notaris dari R. Wedyo Nugroho, SH dan memperoleh pengesahan badan hukum dari KEMENKUMHAM RI Nomor AHU-0016060.AH.01.07.TAHUN 2017. Saat ini terdapat 10 PENGDA (Pengurus Daerah) dan 21 Club NON PENGDA di masing-masing wilayah se-Indonesia dan lebih dari 200 club / komunitas Vario aktif terdaftar di PVN. Berikut ini adalah daftar nama-nama PENGDA di PVN :

  1. AVNOS (Association Vario North of Sumatera)
  2. PVJB (Paguyuban Vario Jawa Barat)
  3. BAJAK (Asosiasi Vario Banten Jakarta)
  4. VJAY (Vario Jawa Tengah dan Yogyakarta)
  5. AVAST JAVA (Association of Vario East Java)
  6. PION (Paguyuban Vario East Borneo)
  7. PAVIKAT (Paguyuban Vario Kalimantan Tengah)
  8. VISOR (Vario South Borneo)
  9. VWEB (Vario West Borneo)
  10. VASUNG (Vario Sulut N Gorontalo)

Alamat Komunitas

Sekretariat : Jln. Arwana Raya, Dsn. Rowosari RT.02/RW.06 Kel. Karangjati, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah

Facebook : Paguyubanvarionusantara

Instagram : paguyubanvarionusantara

Humas : 0813-5702-4503

Tempat Kopdar

Info Lokasi Kopdar all club/komunitas bisa terlebih dahulu menghubungi Humas PVN di 0813-5702-4503